Pengalaman kursus di English Academy

 

Kali ini aku pengen berbagi tentang pengalaman aku kursus di English Academy by Ruang Guru. Nah buat kalian yang sedang mencari tempat kursus dan reviewnya boleh disimak guyss!!

Oke jadi aku mulai pengen ikut kursus bahasa inggris untuk mengisi waktu kosong aku setelah wisuda (setidaknya ada kesibukan selama masih menganggur wkwkwk). Aku mulai mencari tempat kursus online di internet. Kemudian ketemulah placement test si EA (English Academy) terus aku coba dong karena penasaran aja level kemampuan bahasa inggris aku ada di level berapa. Selain EA aku juga ikut test kemampuan bahasa Inggris di situs-situs lainnya seperti English First (EF) dan Wall Street English (WSE). Nah kemudian aku dikontak lah sama EA dan juga WSE yang intinya menjelaskan mengenai produk mereka. Tapi saat itu aku akhirnya memilih EA. Jadi setelah mengikuti placement test, hasil kalian akan diinfokan melalui whatsapp sama admin EA. Hasil aku waktu itu adalah B1 dan dikasih taulah program di EA seperti apa. Ada yang 3 bulan, 6 bulan, juga 1 tahun dengan berbagai jenjang. Aku bakal langsung menceritakan pengalaman selama kursus dan apakah worth it to try or not. So let’s jump right in.

Jadi waktu itu aku ambil 3 bulan kursus dengan biaya 1,2 juta. Ada 2 sesi setiap kali kursus, yaitu sesi sama native teacher dan local teacher. Nah kalau sama native teacher itu kita akan di kasih materi dan full interactive (seruu banget sumpah) tapi saat sesi sama native teacher kita lebih fokus ke kemampuan listening dan writing aja guyss, lalu nanti dengan local teacher bakal lebih fokus ke speaking dan juga dalam kelas local teacher jumlah siswa lebih sedikit jadi kalian bakal lebih interactive (jangan malu-malu untuk berbicara ya) karena justru itu akan ngelatih speaking kalian.

Intinya ya, kalau kalian sudah ikut kursus jangan bergantung sama gurunya tapi kalian juga harus berusaha. Karena bakal susah banget kalau yang effort cuman gurunya saja sedangkan kalian gak effort. Aku jadi lebih percaya diri berbicara bahasa inggris karena sesi sama local teacher. Sesi sama local teacher itu kurang lebih 30-45 menit (aku lupa tepatnya berapa) tapi sekitar gitulah waktunya dan selama itu nanti 15 menit terakhir kalian harus banget speaking sama teman kalian. Jadi nanti akan dibagi per kelompok yang isinya hanya 2-3 orang dan dalam kelompok kalian akan membahas suatu topik dan setelah akan kembali ke main room untuk dipresentasikan pada anggota-anggota lainnya, so be active ya karena sekali lagi ini bakal ngebantu kalian untuk mengningkatkan kemampuan berbicara kalian. Awal-awal sih aku takut, malu, dan tidak percaya diri tapi setelah itu aku jadi lebih percaya diri karena local teacher bakal mengarahkan kita kok nantinya dan akan dibantu dan mereview kesalahan kita diakhir sesi dan juga setiap kali selesai kelas bisa memberikan review atas kinerja native dan local teacher yang akan membuat pertemuan selanjutnya terus di perbaiki dan ditingkatkan. Lalu selain main class (native dan local teacher) kalian akan diberi 2 fasilitas lagi guyss, yaitu English Club dan English Community House. Kedua fasilitas ini nantinya kalian akan bertemu dengan siswa-siswa di berbagai level. Waktu itu aku ikut semuanya ;D mumpung gratis dan membuat aku jadi terbiasa berbahasa inggris. Kalau di English Club nanti bakal ada berbagai topik yang diberikan dan kalian boleh pilih 1 topik di setiap kelasnnya. Kalau English Community House kalian akan disuruh memilih kelas mana yang sesuai minat kalian.

Okee.. terakhir dari aku ya, selama 3 bulan mengikuti EA aku merasa bahwa aku jadi semakin percaya diri ketika berbicara bahasa Inggris, grammar aku semakin lebih baik (penjelasan grammarnya tidak ribet, dilatih terus menerus dan akhirnya siswa jadi paham penggunaan grammar), dan para guru yang selalu humble yang paling berkesan sih, mereka menerima setiap feedback dan memperbaiki cara mengajar mereka jadi kesimpulannya WORTH IT TO TRY. Kenapa aku tidak lanjut? karena aku lebih memilih belajar sendiri. Apa lagi dijaman sekarang kalian bisa belajar bahasa Inggris dimana saja, kapan saja, dan yang paling penting tidak mengeluarkan banyak uang (my personal opinion ya guys) but if you wanna join a course it’s all up to you and I’m sure it will help you a lot in your progress 😊

Ps: aku juga masih belajar, grammar juga kadang masih berantakan, tapi poinnya adalah berani untuk mencoba. Kalau kalian konsisten pasti akan ada hasilnya kok. Btw, terakhir aku ambil toefl prediction test aku dapat skor 550 lumayan ada perubahannya kan setelah konsisten selama berbulan-bulan dan akan terus konsisten sampai benar-benar fasih bukan hanya di test tapi in real life (maksudku kadang dalam test kita bisa dapat skor yang tinggi tapi dalam conversation masih terbata-bata) makanya aku gak pengen fokus sama quantity tapi lebih ke quality. Yuk ah semangat terus buat kita semua!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Seleksi Frontliner PKSS (BRI)

Pengalaman Tes dan Inteview di Bank Mantap