Pengalaman Tes Seleksi Frontliner PKSS (BRI)

 

Halo teman-teman job seekers. Sesuai janji saya, kali ini saya akan berbagi pengalaman saat melamar melalui PT. Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS) yang merupakan perusahaan outsourcing management yang berada di dalam grup PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) nah jadi intinya PKSS ini yang nantinya membantu dalam menyalurkan para pekerja ke BRI.

Sumber: Google 


Jadi waktu itu saya melamar secara online ke PKSS tanggal 3 Juni 2022 sebagai frontliner (magang) lalu keesokan harinya dari pihak PKSS mengirim pesan melalui WA kalau tanggal 6 Juni 2022 diundang untuk melalukan wawancara awal di PKSS. Nah, nanti kalian harus memakai atasan putih dan bawahan hitam dan wajib hadir 15 menit lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Awalnya saya dijadwalkan pada pukul 11.00 Wita namun keesokan harinya (tanggal 5) jadwal saya diubah menjadi pukul 16.00 Wita...

Tanggal 6 Juni setelah saya sampai ternyata satpam mengira bahwa saya telat karena pada CV saya ditulis pukul 14.00 Wita :( namun saya mengatakan bahwa dalam pesan yang saya terima itu pada pukul 16.00 Wita. Gara-gara kejadian itu saya sudah cukup down banget karena pasti dikira saya berbohong. Lalu saya disuruh untuk mengisi absensi dan ternyata pesertanya cukup banyak sekitar 30an orang. Setelah menuggu sekitar 10 menit akhirnya saya dipanggil untuk diwawancarai. Saya cukup kaget karena dalam 1 ruangan ternyata ada 3 orang interviewer yang mana masing-masing mewawancarai 1 orang. Pertanyaan pertama yang keluar dari mulut HR yang mewawancarai saya adalah "Anda yakin baru pertama bertemu dengan saya?" sambil melihat CV yang dia pegang, seperti yang saya jelaskan di awal bahwa adanya miskomunikasi tentang jadwal saya :) tapi karena saya merasa bahwa saya tidak melakukan kesalahan apapun saya jawab dengan yakin bahwa saya baru pertama kali bertemu bapak. Beliau hanya tersenyum dan mengatakan "Apa anda yakin ?" Ya.. beliau tidak percaya, huhuhu lalu saya bilang kalau saya mendapat pesan bahwa jadwal saya diubah dari jam 11 ke jam 4. Saya langsung blank karena saya menganggap kesan pertama saya kok buruk sekali. Lalu setelah itu beliau mulai bertanya, seperti pertanyaan pada umumnya dari ceritakan tentang pengalaman anda, kelebihan dan kelemahan, apa itu frontliner dan jenis-jenisnya, produk BRI apa saja, dan juga yang paling penting adalah kalian harus jujur ya dalam menulis CV karena saat itu bagian paling lama adalah saat beliau mengulik tentang isi CV saya dari pengalaman magang, korelasinya dengan jurusan saya, dan lain sebagainya. Tips dari saya kalian jangan tegang dan ceritakan saja dengan jujur jangan dilebih-lebihkan juga karena biasanya ada pertanyaan menjebak guys... setelah itu saya juga disuruh untuk berdiri kemudian beliau memperhatikan postur (mungkin tinggi badan) lalu mencentang sesuatu dalam sebuah kertas. Nah, bagian paling akhir dari wawancara ini adalah kita ditanya apakah ada yang ingin kita tanyakan. Waktu itu saya bertanya mengenai proses selanjutnya apa ya kalau dinyatakan lolos. Kata beliau tahap selanjutnya adalah psikotest dan jika tidak mendapat informasi lebih dari 2 minggu maka artinya peserta tidak lolos untuk tahap berikutnya karena dari PKSS tidak akan menyampaikan pengumuman tidak lolos pada peserta. 

1 minggu kemudian tepatnya pada tanggal 15 Juni 2022 saya dimasukan di WAG bagi peserta calon frontliner yang artinya saya lolos ke tahap psikotest. Pihak PKSS menjadwalkan tes psikotest akan diadakan keesokan harinya 16 Juni 2022 secara online dengan berbagai syarat antara lain wajib menggunakan laptop, dilarang menggunakan alat bantu hitung (kalau ketahuan pakai akan mengurangi penilaian), dan wajib menggunakan pakaian seperti saat interview awal (hitam putih). Peserta juga wajib hadir zoom 30 menit sebelum jadwal tes untuk diabsen dan kameranya wajib on. Soalnya lumayan banyak teman-teman dengan ada sekitar 10 bagian dengan masing-masing bagian dikasih waktu 5 menit. Soalnya seputaran matematika dasar, verbal, dan penalaran. Saat mengerjakan saya soal saya benar-benar terganggu dengan peserta lain yang tidak mematikan audio zoom dan sungguh sangat berisik padahal sudah ditegur sampai 2 kali oleh panita PKSS (sayang banget, peserta ini seperti tidak peduli atau dia tidak tau cara mute) sebenarnya saya bisa saja menurunkan volume speaker laptop saya tapi saya takut kalau tiba-tiba ada pengumuman yang disampaikan oleh panita PKSS. Soal yang sangat banyak dengan pertanyaan yang panjang ditambah waktu yang sangat singkat ditambah pula suara berisik juga perut saya yang keroncongan membuat saya sangat sulit berkonsentrasi. 2 jam lebih akhirnya saya berhasil menyelesaikan tesnya. Sebelum itu dikasih pengumuman oleh panita bahwa jika sudah selesai boleh langsung keluar zoom.

Setelah tes saya tidak yakin akan lolos tapi ternyata takdir saya berkata lain.. empat hari kemudian pukul 21.30 Wita saya dihubungi oleh nomor baru yang menyampaikan bahwa saya diundang untuk mengikuti wawancara akhir di BRI cabang Kupang berpakian hitam putih pada pukul 8.30 Wita. Awalnya saya tidak percya karena saya ditelpon pada malam hari dan juga seperti mendadak sekali ya jadwal wawancaranya besok sedangkan saya belum ada persiapan apapun. Rasanya saya benar-benar gugup. Lanjut, hari esok pun saya pergi dan ternyata sudah banyak kandidat lain yang menunggu. Awalnya dibagi absensi dan ternyata ada 21 orang. Ternyata wawancara dimulai pada pukul setengah 10. Ketika peserta nomor absen pertama dipanggil saya langsung melihat jam dan ketika dia keluar dari ruangan itu tepat 15 menit. Saya sedikit lega karena wawancaranya cuman 15 menit. Tapi… oh ternyata tidak begitu pemirsa!! Saat kandiddat urutan ke 2 dst ternyata 30 menit. Ya! Saya juga bingung kenapa cuman 1 orang saja yang 15 menit sedangkan sisanya 30 menit (saya juga 30 menit) dan juga saat peserta ke 2 yang masuk itu 2 orang (absen urut 2 dan 3) jadi yang sendiri itu cuman peserta absensi pertama dan hanya dia sendiri yang hanya diwawacara 15 menit (You got the clue? :D) tapi untungnya dari pihak PKSS memberikan snack bagi peserta jadi sambil menunggu setidaknya perut kita sedikit terisi wkwk. Back to topic, nah jadi interviewernya itu ada 2 orang terdiri dari kepala cabang dan kepala bagian gitu teman-teman. Beliau-beliau ini pembawaanya asyik jadi suasananya jadi tidak menegangkan. Pertanyaannya seputar diri kita saja, pokoknya kita disuruh perkenalkan diri lalu dari situ akan dikembangkan pertanyaan-pertanyaan seputar diri kita. Kemudian kebanyakan kita dijelaskan soal posisi yang dibutuhkan, seputaran gaji, tantangannya seperti apa, dan hal-hal lain seputaran itu. Pastinya di akhir wawancara kita ditanya apakah ada pertanyaan. Kemudian jika kita lolos maka akan dikabari oleh pihak PKSS.

2 minggu pun berlalu dan tidak ada kabar. Saya pun merasa yakin kalau saya tidak lolos. Cuman ada beberapa pertanyaan yang menganggu pikiran saya. Ketika menunggu giliran dipanggil wawancara, saya berbincang dengan salah seorang peserta dia mengatakan “jujur saja ya kak, saya bingung kok saya bisa lolos psikotest, soalnya waktu pengerjaan psikotest ada sekitar 2 bagian yang tidak saya isi sama sekali kak, makanya kemarin ketika ditelpon saya merasa bingung sendiri” btw 2 bagian itu bukan 2 nomor ya guys. Nah saya sendiri juga begitu, bedanya saya memang mengisi semua pertanyaan hanya saja pada beberapa bagian akhir saya hanya mengklik saja. Ah sudahlah, apapun itu i wanna say thanks a lot for this opportunity BRI given to me 😊 sudah ada pengalaman wawancara juga jadinya melatih mental dan kesabaran dalam mencari kerja, seperti kata kepala cabangnya pada saya “semua itu mudah kok asal mau memulai aja dulu”.

Akhirnya, setelah beberapa saat saya dapat info bahwa yang lolos adalah the one and only 15 minutes girl and she was the only one who went to be interviewed not in pairs. I got the clue, what about you ? hahaha untuk mengakhiri cerita saya ini ada satu hal yang harus kita pahami bersama bahwa berkat kita tidak akan tertukar, mungkin saja ini merupakan petunjuk bahwa nasib kita ada ditempat lain.. (jadi keingat novel the alchemist). Tetap semangat!! Semoga kita semua bisa mendapatkan perkerjaan.

 

 

 

Komentar

  1. Meskipun telah setahun blognya, cukup membantu. Apalagi saya sebentar lagu wisuda cuman menghitung hari hiks. Thank you atas pengalamannya kak~

    BalasHapus
  2. APAKAH HARUS TB SESUAI?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes dan Inteview di Bank Mantap

Pengalaman kursus di English Academy