Pengalaman Tes dan Inteview di Bank Mantap

6 Desember 2021 adalah moment dimana akhirnya tali kucir toga saya dipindahkan dari sebelah kiri ke sebelah kanan. Rasa haru sekaligus deg-degan karena akhirnya saya akan memasuki dunia pertarungan yang sesungguhnya. Ya! Jadi pengangguran dan bertarung untuk mendapatkan pekerjaan.

Januari 2022 saya mulai disibukan dengan mengurus berkas-berkas yang diperlukan sebagai syarat untuk melamar kerja seperti SKCK dan Surat Keterangan Belum Menikah kemudian melamar kerja ke berbagai lowongan kerja yang dibuka. Tanggal 17 Januari saya akhirnya untuk pertama kalinya mengantarkan berkas lamaran saya ke Bank Mandiri Taspen dengan sekujur tubuh basah karena diterpa hujan namun berkas lamaran tetap saya jaga agar tidak basah. Waktu itu saya melamar sebagai Account Officer Pension (AOP). Baju putih dan bawahan hitam saya melangkah penuh keyakinan menyodorkan berkas lamaran saya kepada satpam bank Mantap. Sedikit khawatir karena berkas lamaran saya sedikit basah.

1 minggu berlalu belalu belum ada kabar apapun. Saya akhirnya menyibukan diri dengan mengikuti kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan skill saya. 1 bulan berlalu pun tetap tidak ada kabar. Bahkan saya sudah mulai melupakan dan fokus saya saat itu sudah berubah untuk menyelesaikan kursus bahasa Inggris yang saya ambil selama 3 bulan.

11 Maret 2022 tiba-tiba saya mendapatkan sebuah pesan di WA dari nomor baru. Ternyata itu dari pihak Bank Mantap menyampaikan bahwa saya diundang untuk hadir dalam wawancara awal bersama kepala cabang hari itu juga pukul 16.00 WITA. Awalnya saya mengacuhkan pesan tersebut karena kondisinya saat itu saya sedang sakit. Tapi 10 menit kemudian saya memutuskan untuk menghadiri wawancara awal tersebut karena ini pertama kalinya dipanggil untuk wawancara sekalian kesempatan saya untuk merasakan yang namanya wawancara kerja itu seperti apa walaupun kepala saya saat itu rasanya sangat sakit sekaligus rasa gugup bercampur aduk.

Setengah jam sebelum jadwal wawancaranya saya sudah sampai di Bank Mandiri kantor Cabang Kupang. Ternyata yang wawancara cuman 4 orang dan saya orang pertama yang sampai kemudian disuruh menunggu 3 orang lainnya. Setelah semuanya sudah datang kita berempat diarahkan untuk masuk ke ruang kepala cabang. Saya pikir pertanyaan wawancaranya akan seperti:

  1. Coba ceritakan tentang diri kamu?
  2. Apa saja kelebihan dan kelemahanmu?
  3. Apa yang kamu ketahui tentang posisi ini?
  4. Kenapa kamu tertarik melamar posisi ini?
  5. Apa motivasi kamu untuk bekerja di perusahaan ini?

Ternyata di luar ekspektasi saya. Beliau sama sekali tidak menanyakan hal-hal seperti itu. Beliau hanya mengatakan bahwa ternyata mereka membutuhkan 1 orang teller tapi gajinya di bawah UMR yaitu cuman 1,5 juta karena posisinya adalah magang dan 1 orang cadangan untuk menjadi AOP. Beliau menanyakan apakah kita bersedia untuk mendapatkan gaji 1,5 juta? Jika bersedia maka akan lanjut pada tahap selanjutnya, yaitu tahap psikotest. Tentu saja sebagai seorang pengangguran tentu bersedia apa lagi jika bisa bekerja di bank. Beliau menjadwalkan bahwa psikotest akan dilakukan pada hari selasa minggu depan.

Senin pagi hingga malam saya menunggu adanya kabar dari pihak bank Mantap namun ternyata sama sekali tidak ada kabar. Namun keesokan harinya saya disuruh untuk mengisi biodata yang dikirimkan oleh pihak bank mantap. Setelah itu 2 minggu kemudian akhirnya dijadwalkan untuk mengikuti psikotest di bank mantap dengan syarat memakai atasan putih dan bawahan hitam serta wajib membawa laptop. Test yang diadakan pun menurut saya tidak begitu sulit yaitu tes GIA (Generall Intelligence Assessment). Jadi Thomas Gia adalah tes untuk mengukur kecepatan proses mental. Terdapat 5 tes yang terdiri dari:

  1. Tes Satu      : Penalaran
  2. Tes Dua       : Kecepatan Persepsi
  3. Tes Tiga       : kecepatan dan Ketepatan Angka
  4. Tes Empat   : Pemahaman Arti Kata
  5. Tes Lima     : Visualisasi Ruang

Masing-masing tes diberikan batasan waktu sekitar 2-5 menit. Untuk tes penalarannya contohnya seperti ini:

        Sumber: GIA Buklet Latihan 

Kemudian untuk tes kecepatan dan persepsi itu seperti memilih berapa pasangan huruf yang memiliki kesamaan. Contohnya :

 

Sumber: GIA Buklet Latihan


Lalu untuk tes Kecepatan dan Ketepatan Angka contohnya seperti:

                                                          Sumber: GIA Buklet Latihan

Kalian akan disuruh untuk menemukan angka tertinggi dan terendah dari 3 angka yang ditampilkan. Dapat dilihat dari 3 angka di atas angka tertingginya adalah 8 dan angka 2 adalah angka terendah. Kemudian angka yang tersisa adalah 4 maka tentukan angka yang mana yang memiliki selisih terjauh dari angka tersisa maka jawabannya adalah 8 karena merupakan angka terjauh dari 4 yaitu selisih 4 angka sedangkan 2 hanya memiliki selisih 2 angka.

Selanjutnya untuk tes keempat contohnya seperti:

                                                      Sumber: GIA Buklet Latihan                                                           

Nah untuk tes ini kalian hanya disuruh memilih salah satu kata yang beberbeda sendiri. Diam dan berhenti adalah kata serupa sedangkan dingin  merupakan kata yang berbeda sendiri.

Bagian tes yang terakhir adalah tes visualisasi ruang. Contohnya:


                                                           Sumber: GIA Buklet Latihan 

Dalam tes ini akan disuruh untuk mencari dan menghitung berapa jumlah kotak yang berisi pasangan yang sama kemudian lingkari angka yang menunjukan jumlah tersebut. Untuk contoh di atas ketiganya tidak memiliki kesamaan pada bagian atas dan bawahnya jadi jawabannya adalah 0.

Jadi begitulah psikotest yang diberikan oleh bank mantap berdasarkan pengalaman saya. Sehabis psikotest dari pihak HC bank mantap menyampaikan bahwa hasil tes biasanya akan keluar paling cepat 2 minggu atau 1 bulan jadi mohon untuk bersabar karena hasilnya akan beliau sampaikan melalui WA.

Setelah tes saya pulang dengan perasaan yakin bahwa akan lolos karena saat pengerjaannya saya tidak menemukan kesulitan dan saingan saya cuman 3 orang. Namun setelah menunggu 2 bulan tidak ada kabar apapun.. huhu sedih sekali tapi saya pikir ini merupakan percobaan pertama jadi pengalaman juga. Tidak apa-apa jika gagal di bank mantap mungkin nasib saya ada di tempat lain. Untuk kesimpulan pengalaman saya di bank mantap ternyata jangka waktunya cukup lama juga ya, bisa dilihat proses rekrutmennya:

  •  17 Januari memasukan berkas lamaran
  •  11 Maret panggilan untuk wawancara awal
  •  15 Maret pengisian biodata
  •  28 Maret Psikotest

Jika lolos tahap psikotest nantinya akan melakukan medical check-up dan penandatangan kontrak.

Setelah menerima keadaan dan move on saya mendapat panggilan untu wawancara awal di PKSS dan berkesempatan mengikuti tes pada bank BRI dan BCA… untuk pengalaman saya di kedua bank ini akan saya ceritakan pada artikel selanjutnya ya…

Tetap semangat untuk teman-teman yang sedang berjuang!!

Edit!!

Ini link untuk pengalaman saya tes di BRI https://blogemeraldstuff.blogspot.com/2022/07/pengalaman-tes-seleksi-frontliner-pkss.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Seleksi Frontliner PKSS (BRI)

Pengalaman kursus di English Academy